Sabtu, 17 Juli 2010

Konsolidasi RMNJ 24

Hmmm, lagi nyoba konsisten buat ngepost tulisan, ya hitung-hitung belajar lah buat menapaki cita-cita kedepan (ceilah)

Bismillah…

Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 13-14 Juli 2010 RMNJ 24 tuh ngadain acara, nah buat yang ga ikut karena sesuatu hal, saya share deh gimana serunya…tapi jangan pada nyesel ya buat yang ga ikut.

Nah acara rihlah ini  -tapi kalo disebut rihlah nanti ada yang ngomel and protes gitu- jadi sebenernya ini rangkaian acara konsolidasi RMNJ 39 angkatan 24.sebenernya ini acara penting dan serius tapi dikemas dalam kegiatan yang santai. Ya berhubung kita semua bakal keluar (lulus) dari 39 otomatis harus ada perencanaan matang untuk estafet perjuangan kita kedepan. Apa lagi RMNJ 24 ga semua di Jakarta, cuma ADI dan AKHWAT (ledekan dari ikhwan2), padahal mah buanyak juga sih ikhwan yang di Jakarta, cuma ya tetep aja buanyakan yang diluar Jakarta…

Ya pagi-pagi hari Selasa kita udah kumpul tuh, meskipun sebenernya agak ketar-ketir juga, target 24 orang yang ikut, eh pada berceceran ditengah jalan dengan berbagai alasan. Tapi gak apalah, maju tak gentar. Akhirnya kita jalan menuju puncak. Berhubung yang akhwat cuma bertujuh maka kita semua naik mobil, nah ikhwan yang bersebelas pada naik motor. Yang ikhwan jalan duluan, tapi tetep aja akhwat yang menang (loh??) sampe sana duluan. Terus langsung nurunin barang-barang dari mobil. Nah karena belum ada ikhwan (masih pada dijalan), akhwatnya langsung pada norak gitu deh, bertujuh langsung main-mainan gitu, foto-foto, berasa banget masa kecil kurang bahagia dan anehnya meski hanya bertujuh, ternyata tak menjadi halangan untuk kami (para akhwat) untuk terus berkarya (???). sebenernya sedih banget sih dari puluhan akhwat eh pada ga bisa dateng, tapi ga apalah teman-teman, Insya Allah kami memahami. Ga lama kemudian datenglah para ikhwan satu persatu (katanya konvoi tapi datengnya kok misah-misah ya?), tapi dasar si akhwatnya masih pada bocah-bocah, jadilah si ikhwan bikin hijab dan segala macem and akhwatnya mainan diluar…
Nah ngaret sih sebenernya, baru deh pembukaan eh abis itu ada kabar sang ustadz ngancel mendadak buat jadi pembicara mana dana defisit (baru kali ini) salah perhitungan, tapi pertolongan Allah itu emang sungguh nyata, sang ustadz dimajuin jadwalnya dan teman-teman 24 yang baik hati dan rajin menabung merelakan sebagian uangnya untuk menyambung hidup kami disana. Abis pembukaan terus ishoma dilanjutin dengan games dipandu oleh instruktur IHSAN. Gamesnya tuh banyak ibrohnya deh, seru dan hebatnya kelompok saya yang menang selama games itu berlangsung (ikhwannya pada kemana neh?masa kalah mulu).  

Setelah selesai berpanas panas ria main games, lanjut deh ke materi yang judulnya UKHUWAH dan LOYALITAS DAKWAH oleh ustadz Umar Nadhi. Tumben banget nih ustadz ga sekonyol biasanya, mukanya serius banget, and beberapa kali sempat terlihat matanya berkaca-kaca waktu membaca kalam Illahi. Ustadz Umar menyampaikan bahwa ukhuwah itu seperti cinta yang harus dilandasi dengan taaruf (saling mengenal), tafahum (saling memahami), taawun (saling tolong menolong), dan takaful (saling memikul beban orang lain). Waktu dites ukhuwah 24 neh ma sang ustadz eh ternyata kita ga lolos.

U             :               ya kamu siapa namanya (nunjuk dhonny)
D             :               dhonny ustadz
U             :               ya dhonny coba sebutkan tanggal lahir dia (nunjuk adi)
D             :               wah kapan ya? Kalo rumahnya saya tahu ustadz

Toeng toeng toeng
Jadilah kita semua ketawa dan sang ustadz tersenyum miris lalu berkata ditanya tanggal lahir kok dijawab tahu rumahnya… ustadz Umar juga menggarisbawahi bahwa ukhuwah harus dieratkan tapi harus ingat batasan gender. Ga usah karena pake alasan ukhuwah terus dijadiin kesempatan buat ikhwan ngedeketin akhwat atau sebaliknya. Kalo ada yang kayak gitu bunuh aja katanya… loh???? Bercanda kok yang ini mah.  Nah maka dari itu kuatkanlah ukhuwah dimasing-masingnya.
Ustadz pun melanjutkan materinya yang kedua tentang loyalitas dakwah, disini ustadz Umar Nadi memberi banyak masukan tentang keberlangsungan kontribusi teman-teman RMNJ 24 dalam dakwah di 39 dan menganjurkan agar kami semua memiliki komitmen untuk terus memilki andil dan kontribusi yang nyata di 39. Ustadz umar nadhi juga mengeluarkan statement gini “menyesallah kalian yang kuliah diluar Jakarta” hayo lho !!! tapi tenang ada penjelasan dari beliau kok gimana menyiasatinya. Materi ini bermanfaat banget buat 24 dan mengubah pola pikir 24, terutama tentang ukhuwah, walaupun berlangsung selama 2 jam tapi karena seru, berasa sebentar banget. Syukron jiddan ya ustadz.

Games udah materi udah terus apa lagi ya?

Nah ini dia, akhwatnya disuruh riyadhoh tuh, karena ikhwannya mau MASAK. What??? Masak ? iya dong kan harus belajar mandiri apalagi ikhwannya bentar lagi pada ngekost. Tapi sebentar teman-teman, ternyata mereka udah bikin lauk mateng and tinggal dihidangkan aja, jadi mereka cuma numis kangkung yang bumbunya aja udah dibuat dari rumah… gapapalah hitung-hitung belajar… walaupun nasinya hampir tak terselamatkan karena salah takaran. Setelah sholat dan tilawah (wajib loh, coz ada ibadah wajib yang harus dipenuhi  tertera diperaturan awal) baru deh kita semua makan. Ikhwannya makan duluan sampe habis and mencuci piring baru deh akhwatnya makan. Nah acara berikutnya forum sharing, tapi karena 2 orang ikhwan masih nganter sang ustadz pulang maka acaranya dimulai malem banget. Temen-temen akhwat pada tidur dulu yang ikhwan pada nonton film. Setelah 2 orang ikhwan itu datang baru deh kita semua memulai forum sharingnya. Diawali dengan menonton film dokumenter 24 yang super duper kocak and mendzalimi berbagai pihak, baru kita semua membicarakan komitmen dan rencana kedepan masa depan RMNJ 24. Tapi ternyata berlangsung alot dan tidak mencapai kesepakatan, berhubung udah pada ngantuk akhirnya forum dilanjutkan esok harinya. Dan semua tidur dengan sangat lelap malam itu meski hanya sebentar.

Pagi harinya jam 3 kita bangun buat Qiyamullail, rencana sholat jamaah dilapangan gagal karena dingin buanget rek, akhirnya jamaah didalem ruangan. Suasananya khitmad dan khusyuk banget. Berasa banget kumpul ma orang-orang yang berhati lembut, karena saat sholat terdengar suara tangis sesenggukan dari sang imam (ikhwan 24 juga loh) atau para jamaah sholat… jadi sedih T.T

Abis itu dilanjutkan tilawah baca almatsurat murajaah dsbnya… trus gantian deh ikhwannya riyadhoh, akhwatnya masak dan beres-beres. Ikhwannya pada renang juga. Setelah selesai masak kita semua makan, tapi sadar ternyata ikhwannya ga pada bisa dijatah makannya karena kelaparan, akhirnya akhwatnya dengan sukarela jatah untuk makan siang dimakan pagi itu juga karena keganasan ikhwan lapar. Rencana teawalk (ihsan yang bikin nih kata) ke gunung mas tidak terlaksana mengingat jauhnya medan yang akan dilalui. Akhirnya waktu tersebut diganti untuk melanjutkan forum pembuatan komitmen yang tertunda semalam. Tak disangka, tetap berjalan alot, penuh argumen, meski akhirnya ketawa juga denger celotehan tu ikhwan-ikhwan error…akhirnya pembuatan komitmen selesai disetujui dan resmi ditetapkan. Beberapa pernyataan dan kewajiban harus dilaksanakan. Juga pembuatan kordinator tim perwilayah.

Yah akhirnya seluruh rangkaian acara selesai,meski sebelum penutupan akhwat-akhwat pada repot beresin semua barang dan perlengkapan eh ikhwannya asyik nonton film (mana ukhuwahnya? Lohh???) tapi toh kita semua senang ngejalaninnya… tiba deh akhirnya penutupan, acara tuker kado yang tak disangka-sangka menjadi sangat heboh karena kadonya benar-benar diluar dugaan. Ditutup dengan renungan dan doa yang dibawakan ihsan dengan khidmat acara konsolidasi 24 berakhir. Setelah lengkap dan semua barang masuk mobil, kita semua bergegas naik ke masjid At taawun untuk sholat juga numpang minum kopi GRATIS (katanya biar ga ngantuk waktu ngendarain motor) dan tak lupa foto-foto. Ikhwan narsis gila deh pokoknya. Dan selesai lah perjalanan kami


Meski tak lengkap, tapi tak menjadi halangan untuk terus maju membuat RMNJ 24 yang lebih baik…

Syukron jiddan ya RMNJ 24




3 komentar:

Anonim mengatakan...

aye jadi keingetan sama temen2 di RMNJ dulu.



Bahtiar
Ketua Panitia Leadership Training tahun 2005-an

Goresan Pelangi Kehidupan mengatakan...

masa-masa di RMNJ kan ga terlupakan bang...

Anonim mengatakan...

hkhkhk,,
jd ngakak sendiri bacanya, apalagi nginget hadiah dr sodara ane yg sholihin. Luarr biasa..xD