Selasa, 30 Juli 2013

Why do we need to learn English?

Susetyo Adhy Nugroho
Kamis, 13 Juni 2013/ pukul 20.00—22.00

Susetyo Adhy Nugroho atau yang biasa disebut Adhin adalah seorang pemuda yang pernah tinggal d US sejak 1990. Ia tinggal di Misssippi, Starkvile. Ia menceritakan pengalamannya selama hidup di sana dan menjelaskan mengapa pada akhirnya  kita membutuhkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penyempaiannya di sesi ini pun ia menggunakan bahasa Inggris.
Mengapa kita harus berbahasa Inggris? Karena kita akan berjumpa dengan berbagai macam orang dari berbagai negara, dengan begitu kita akan menjumpai banyak teman dan belajar darinya, dan dengan menguasai banyak bahasa, lebih tepatnya bahasa Inggris kita bisa membuka banyak peluang. Dengan berbahasa Inggris kita akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan. Begitu banyak publikasi ilmiah dan buku-buku yang diterbitkan dalam bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris tentu saja kita dapat mengerti isi buku-buku tersebut.  lebih dari itu, kita jug adapat menikmati berbagai macam hal yang dapat kita temukan dari internet tanpa bersusah payah menerjemahkannya dahulu menggunakan Google Translate.

Manfaat lain yang kita dapatkan ketika kita berbahasa Inggris adalah dalam kegiatan akademik. Kita dapat berpartisipasi dan berbicara dalam konferensi internasional, mendapatkan peluang lebih besar untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, dan mendapatkan beasiswa bahasa Inggris. Dengan berbahasa Inggris yang baik mampu membantu karir masa depan kita.  Memudahkan kita dalam komunikasi bisnis multinasional, meningkatkan pengetahuan teknis, dan menaikkan pendapatan serta standar hidup.
Lebih dari itu, belajar bahasa Inggris lebih mudah dibandingkan dengan bahasa lain. bahasa Inggris memiliki kata-kata yang cenderung pendek dan memiliki struktur yang sederhana.  Belajar bahasa Inggris juga menyenangkan dan mudah. Kata-katanya cenderung tidak berubah dan berbeda-beda meski dalam struktur yang beda. Menambahkan kosakata bahasa Inggris dapat dilakukan dari berbagai tempat, dengan menonton film, mendengarkan musik, dan berinteraksi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris.
Oleh karena banyak manfaat itulah sudah saatnya kita memulai untuk menciptakan atmosfer bahasa Inggris yang tinggi di lingkungan kita sendiri. Perbanyak latihan dengan banyak berbicara bahasa inggris, belajar dengan seseorang yang ahli dalam bahasa Inggris, dan lakukan setiap hari. Apabila tidak menyukai bahasa Inggris maka kita akan lebih sulit dalam mempelajarinya, lebih baik kita mempelajarinya sedikit namun berkesinambungan. Pelajarilah bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan agar lebih mudah diterima otak kita.

Tidak ada komentar: