Senin, 03 Desember 2012

Belajar dari Ibunda Yoyoh Yusroh

Ustadzah Zainab                         
Sabtu, 24 November  2012/ Pukul 10.00—12.00


 Kamu adalah umat terbaik yang diciptakan Allah di muka bumi (QS. Al Imron: 110)
Ayat di atas bukan tanpa alasan difirmankan oleh Allah, ayat di atas merupakan sebuah motivasi bagi kita untuk dapat melakukan yang terbaik dan menjadi yang terbaik pula dalam segala aktivitas. Keniscayaan menjadi umat terbaik adalah mutlak bagi kaum muslimin karena Allah sendirilah yang mengatakannya. Umat yang terbaik yang dimaksud di sini adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang maupun lingkungan di sekitarnya. Selain bermanfaatpun, kita juga harus mampu menjadi muslim yang kuat karena muslim yang kuliah lebih dicintai Allah dibandingkan muslim yang lemah. Kita sebagai muslimah, mungkin bisa belajar dari ibunda Yoyoh Yusroh. Karakteristik istimewa ibunda Yoyoh Yusroh yang patut diteladani antara lain memiliki fisik yang kuat, kesabaran tanpa batas, selalu aktif bergerak dan berkarya, kulaitas ruhiyah yang tinggi, selalu berusaha menyayangi dan peduli.
Fisik yang kuat, kekuatan fisik yang dimiliki Ibunda Yoyoh selama beraktivitas dapat dilihat dan dirasakan karena kedekatannya kepada Allah. Beliau bisa kuat secara fisik karena beliau selalu meminta pertolongan Allah untuk selalu dikuatkan, lebih dari itu ia meyakini bahwa kekuatan itu datangnya dari Allah. Selalu bersedia berjuang baik dalam keadaan berat maupun ringan, suka ataupun tidak suka. Senantiasa berhusnudzan dan selalu disertai upaya untuk menjaga kesehatan dengan mempercayai apa yang direkomendasikan Al Quran dan Sunnah, misalnya dengan mengonsumsi tiga makanan sehat, yaitu madu, jintan hitam, dan
zamzam.
Kesabaran tanpa batas, kesabaran itu tidak ada batasnya, jikalau ada maka batasnya adalah kematian. Beliau adalah sosok yang luar biasa sabar, hal ini terbukti dari kesabarannya ketika mendidik ketiga belas anaknya meski dengan segala amanah yang luar biasa. Jika beliau marah, semata-mata karena ada ketidakbenaran yang terjadi di sekitarnya sehingga membuatnya harus bertindak untuk memperbaiki keadaan.
Selalu aktif bergerak dan berkarya, setiap malam sebelum beraktivitas, beliau selalu menuliskan apa yang akan dilakukannya pada esok hari. Hal ini tentu saja memudahkannya untuk bermanfaat secara optimal di setiap waktu dan agenda yang disusunnya. Beliau selalu menjalani hari dengan semangat luar biasa dan tak lupa menjafa kualitas hubungannya dengan Allah, serta manusia di seitarnya.
Kualitas ruhiyah yang tinggi, beliau memiliki keyakinan bahwa kualitas ruhiyah yang baik juga akan mempengaruhi kinerja seseorang. Oleh karena itu dalam upaya selalu memperbaiki ruhiyahnya, ia selalu menjaga hubungan kedekatan dirinya dengan Allah. Ibadah selalu dilakukan dengan kekhusyukan mengharap ridho Allah.
Selalu berusaha menyayangi dan peduli, membagi cinta dan kepeduliannya pada umat seimbang dengan cinta dan kepedulian yang ia berikan kepada keluarganya. Bahkan pada suatu dalam acara Yoyoh Yusroh Family Gathering  yang diadakan di Turki, beliau mendapatkan banyak testimoni luar biasa dari orang-orang di sekitarnya. Ini menunjukkan betapa beliau sangat disayangi dan dikagumi oleh orang-orang di sekitarnya.
Ibunda Yoyoh memiliki motivasi yang teramat kuat untuk terus meningkatkan kualitas keimanan dan ruhiyahnya dengan semangat membersamai wanita-wanita penghulu surga di surganya kelak. Marilah kita belajar berbagai keistimewaan yang patut diteladani dari seorang wanita muslimah Indonesia yang begitu menginspirasi ini. semoga kelak kita temui Yoyoh Yusroh lainnya di setiap sisi jalan yang kita temui sehingga kemajuan peradaban menjadi yang lebih baik kian nyata.

Tidak ada komentar: