Selasa, 31 Juli 2012

Kepemimpinan dalam perspektif Visi PPSDMS


Dr. Musholi yang merupakan ideolog atas berdirinya institusi PPSDMS ini, tentu saja memiliki visi yang jelas untuk institusi yang akan dibesarkannya. Beranjak dari ketertarikannya mengenai tiga sektor kehidupan, membuatnya memiliki visi yang jauh ke depan untuk dapat memanfaatkan optimalisasi nilai-nilai PPSDMS di segala sektor. Adapun ketiga sektor yang sekiranya menjadi titik bidik dari yang telah beliau rumuskan adalah economy society, political society, dan civil society. Tak sekadar membidik sasaran, ia juga membuat Grand Strategy Dakwah  yang diejawantahkan melalui ketiga sektor tersebut.
Grand Strategy Dakwah itu terbagi atas mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal. Dari strategi mobilitas vertikal diharapkan kader dakwah dapat mempengaruhi, merumuskan, menerjemahkan nilai-nilai islam dalam kebijakan publik. Sedangkan dari segi mobilitas horizontal, ia berharap kader dakwah untuk dapat menyiapkan masyarakat agar dapat menerima manhaj Islam. Dengan begitu, strategi tersebut diharapkan mampu diarahkan pada ketiga sektor kehidupan tersebut dan berusaha untuk memberikan perbaikan bagi masa depan kepemimpinan Indonesia. Tak hanya berhenti pada kerangka paradigma itu, ia juga menjelaskan catur dasa karya yang merupakan indikator keberhasilan dari visi yang ia tawarkan.
Dr. Musholi mengatakan bahwa, ia tak hanya menggodok paradigma dengan begitu saja, tetapi melalui perjalanan panjang yang juga melihat dan mengamati program pembinaan yang dilakukan berbagai organisasi lain seperti Pembinaan SDM Strategis oleh BPK Penabur, Jesuit, dan proses Islamisasi di Turki.
Adapun kesinergisan dan titik temu hal tersebut didasari pada kerendahan hati. Sesungguhnya akan sangat sulit untuk mempertemukan antara paradigma Islam dan Barat. Melihat kesulitan itulah Dr. Musholi kembali bersemangat untuk dapat mewujudkan ideologi yang digodoknya. Dengan Visi yang diemban PPSDMS, yaitu
Melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang memiliki pemahaman Islam yang komprehensif, intregritas dan kredibilitas yang tinggi, berkepribadian matang, moderat, serta peduli terhadap kehidupan bangsa
Ia berusaha dengan keras untuk dapat mewujudkan misi tersebut. Di PPSDMS, peserta akan melewati 10 aspek pembinaan kepemimpinan dengan 20 kriteria keberhasilan yang diejawantahkan melalui berbagai program kegiatan.Tak hanya itu, melalui penjelasannya dalam NLC kemarin, Dr. Musholi menggarisbawahi karakter penting yang harus dimiliki setiap peserta PPSDMS. Adapun karakter tersebut adalah Objektif, Moderat, Open Mind, dan Rendah Hati. Dengan adanya keempat karakter yang terus dijunjung tinggi oleh peserta PPSDMS inilah diharapkan mampu mewujudkan visi PPSDMS untuk dapat menciptakan pemimpin-pemimpin masa depan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia pada masa ini. (Materi ini disampaikan oleh Dr. Musholli di National Leadership Camp PPSDMS NF Angkatan 6)

Tidak ada komentar: