Selasa, 31 Juli 2012

Peserta PPSDMS yang Kompetitif & Berintegritas


Kehadiran Husein Ibrahim dalam NLC ini memberikan spirit tersendiri dalam melakukan perencanaan awal dan pembentukan karakter PPSDMS. Ia mengatakan bahwa kita semua adalah sama. Satu hal yang harus dipahami adalah identitas diri kita bahwa kita harus berkarakter. Untuk menjadi berkarakter tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan perjuangan dan pengorbanan untuk mencapainya.
Untuk menjadi seorang yang berkarakter kita haruslah mampu melihat Allah dengan sifat-sifatnya. Bagaimana mungkin kita dapat bergerak sebelum dapat melihat kuasaNya? Yakinlah bahkan tak ada sesuatupun yang luput dari kuasa Allah. Di PPSDMS, kita akan diajarkan bagaimana caranya untuk menjadi seorang yang berkarakter. Berkarakter dalam menjadi pemimpin masa depan dan tahan akan segala macam godaan yang menerpa perjalanan kita. PPSDMS merupakan salah satu institusi yang berusaha untuk mewujudkan pemimpin-pemimpin berkarakter.

PPSDMS berusaha untuk memberikan segala yang dibutuhkan pesertanya agar pesertanya mampu menjadi pribadi-pribadi luar biasa. Segala apa yang dikeluarkan PPSDMS untuk membentuk pemimpin masa depan ini, ia rasa hanyalah sesuatu yang murah yang tidak sebanding dengan hasil yang nantinya akan kita nikmati ketika pemimpin-pemimpin masa depan ini memimpin bangsa di ketiga sektor kehidupan.
Seorang pemimpin yang berkarakter memiliki kalbu (agama) yang kuat dan disiplin yang tinggi. Selain itu untuk menjadi pemimpin yang berkarakter haruslah membangun akhlakul karimah, membangun karakter itu sendiri, dan membangun jiwa kepemimpinan. Adapun perilaku yang ditunjukkan ketika kita sukses menjadi pemimpin yang berkarakter adalah kita harus menjadi orang yang jujur, bertanggung jawab, memiliki kehendak untuk berjuang, dan qana’ah (kaya hati).
Husein Ibrahim juga menceritakan berbagai pengalaman hidupnya ketika memimpin. Begitu banyak cerita yang dibagikannya sehingga begitu banyak pula nilai dan hikmah yang dapat kita ambil dalam ceritanya. Ketika menceritakan berbagai kisahnya pun, ia selalu menyelipkan petuah-petuah bermanfaat yang dirasa dibutuhkan oleh peserta PPSDMS. (Materi ini disampaikan oleh Laksda TNI (Purn) Husein Ibrahim, MBA di National Leadership Camp PPSDMS NF Angkatan 6)

Tidak ada komentar: